Rabu, 16 Juni 2010

Ratusan Galaksi Tersembunyi Ditemukan di Balik Kabut



Kumpulan galaksi yang letaknya tersembunyi di balik kabut baru-baru ini ditemukan untuk pertama kalinya berkat teleskop antariksa inframerah Herschel milik badan antariksa Eropa (ESA).
Galaksi-galaksi tersebut terlihat masih sangat muda ketika diteropong teleskop Herschel. Astronom memperkirakan usia galaksi-galaksi tersebut barulah 16 persen dari umur alam semesta yang diperkirakan berumur 13,7 miliar tahun. Para astronom meyakini ribuan bintang-bintang membentuk galaksi setiap tahunnya.
"Kita dapat menggunakan konsep tersebut untuk mempelajari apa yang mengatur formasi bintang di galaksi yang jauh tersebut dan tentunya juga bagaimana terbentuknya galaksi Bima Sakti," ungkap astronom yang memimpin penelitan galaksi-galaksi baru tersebut, Dieter Lutz, asal Max Planck Institute for Extraterrestrial Physics, Jerman.
Teleskop jarak jauh Herschel merupakan observatorium antariksa pertama yang mampu mengungkap sebagian besar misteri di luar angkasa. Hingga kini tercatat Herschel telah menemukan sekitar 1.100 galaksi yang sebelumnya tak terlihat.
Sekitar 300 galaksi-galaksi di antaranya baru ditemukan di sepetak ruang yang selama ini diamati oleh teleskop antariksa Hubble di sebelah utara lokasi pengamatan. Sedangkan 800 sisanya tersembunyi di balik 'dinding' radiasi inframerah di sebuah wilayah di luar angkasa yang selama ini diamati oleh teleskop antariksa Chandra X-Ray di sebelah selatan lokasi pengamatan.
ESA meluncurkan teleskop antariksa Herschel pada Mei 2009 silam. Hingga saat ini, Herschel merupakan teleskop antariksa yang terbesar dan sebagai teleskop inframerah terampuh.

sumber:http://www.mediaindonesia.com/read/2010/05/05/144205/45/7/Ratusan_Galaksi_Tersembunyi_Ditemukan_di_Balik_Kabut_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Ok!!!