Kamis, 14 Oktober 2010

Nasa Kembali Menemukan Ratusan Planet Baru Yang Mirip Bumi


Ratusan planet baru telah ditemukan oleh pesawat penyelidik antariksa baru NASA, hal ini telah memicu harapan baru tentang kehidupan di luar tata surya kita.

Sampai dengan 140 planet yang baru-ditemukan dengan berbagai macam planet berbatu dan mirip Bumi baik yang mengandung tanah dan air, kondisi yang dapat memungkinkan lifeforms sederhana untuk dikembangkan.

Penyelidikan Kepler – yang terus-menerus memonitor lebih dari 150.000 tanda bintang untuk menceritakan kisah-planet yang mengorbit mereka – mungkin juga menemukan lima sistem surya baru, kata NASA.

“Sementara itu, studi lengkap masih harus dilakukan, implikasinya adalah bahwa banyak sistem planet planet ganda,” ungkap William Borucki, sang penyidik prinsip.

Data ini berkaitan dengan enam minggu pertama misi probe setelah diluncurkan 4 tahun lalu.

Para ilmuwan berharap penemuan awal akan menyebabkan banyak lagi, termasuk sistem multi-planet yang memberikan kehidupan yang lebih baik kesempatan untuk berkembang.

Penyelidikan ruang Kepler mempelajari bintang-bintang jauh dengan memantau mengeluarkan cahaya mereka.

Planet baru mengorbit bintang-bintang seperti akan memblokir radiasi cahaya, dan penurunan ini kecil diukur dan ditafsirkan untuk menunjukkan ukuran dan sifat dari objek.

Probe monitor tiga konstelasi – Cygnus, Lyra dan Draco menggunakan teleskop khusus dilengkapi dengan kamera megapixel 95.

Untuk memenuhi syarat sebagai calon planet ‘, teleskop harus mencatat cahaya yang menyimpang tiga kali untuk memastikan hasil yang tidak hanya anomali.

Temuan awal berarti jumlah planet dihuni dalam ruang bisa lari ke jutaan.

Profesor Dimitri Sasselov, anggota lain dari tim Kepler, mengatakan: “Langkah berikutnya setelah Kepler akan mempelajari atmosfer planet-planet dan melihat apakah kita dapat melihat tanda-tanda kehidupan.”

Planet yang ditemukan sejauh ini termasuk COROT – 7b, sarung tangan berbatu hampir lima kali massa bumi, tetapi dengan sisi cair karena mengorbit bintang yang sangat erat.

Yang terbesar adalah Wasp-17b, yang memiliki jari-jari 66.000 mil dibandingkan dengan Bumi 3.963 mil.

sumber:http://iyandiansyah.blogspot.com/2010/07/nasa-kembali-menemukan-ratusan-planet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Ok!!!