Rabu, 28 April 2010

Roket India Nyemplung Ke Laut


Progam luar angkasa India mengalami kemunduran besar, saat roket dilengkapi cryogenic pertama berbelok dan mengirim muatan satelit komunikasi GSAT-4 jatuh ke laut.
The Geostationary Satellite Launch Vehicle (GSLV) berangkat pada 4:27 sore waktu setempat dari Satish Dhawan Space Centre di sebelah tenggara pantai India dan mencapai ketinggian 65 kilometer sebelum jatuh ke bawah. Telemetri hilang setelah 8 menit dari penerbangan yang diharapkan berlangsung selama 20 menit sampai pelepasan muatan.
Kepala Indian Space Research Organization (ISRO) K Radhakrishnan mengatakan dalam penjelasan di televisi bahwa dua tahapan yang pertama bekerja dengan baik dan cryogenic dari roket pada bagian ketiga terbakar.
Peluncuran itu gagal pada dua kontrol motor yang terbakar pada tahapan awal. Namun, pada konferensi pers berikutnya, Radhakrishnan mengatakan tidak yakin terjadi kebakaran pada mesin di tahap awal roket pada penerbangan yang malang tersebut.
“Detail dari kesalahan ini akan diungkapkan,” jelas Radhakrishnan. “Kami akan menaruh semua perhatian untuk memastikan penerbangan selanjutnya.”
ISRO telah mengeluarkan biaya 3,36 miliar rupee (Rp 691,6 miliar) untuk 17 tahun pengembangan tahapan awal cryogenic alternatif milik Rusia yang digunakan 5 penerbangan GSLV sejak 2001.
ISRO mulai mengembangkan dan membangun mesin cryogenic sendiri sejak 1993, setelah Rusia dengan tekanan dari Washington menolak untuk mengirimkan teknologi itu.
Kegagalan peluncuran pada 15 April ini tampaknya berdampak bagi rencana peluncuran misi pengorbit bulan Chandrayaan-2 pada 2012 dan rencana peluncuran satelit komunikasi. Tahapan cryogenic dikembangkan di Liquid Propulsion Systems Centre ISRO di bagian selatan kota Tamil Nadu.
Satelit GSAT-4 yang jatuh ke laut India membawa transponder Ka-band dan muatan untuk sistem navigasi GPS-aided untuk penerbangan sipil.
Peluncuran GSLV pada awalnya dimaksudkan membawa teleskop luar angkasa Tel Aviv University Ultraviolet Explorer (TAUVEX) di bawah kesepakatan pada 2003 antara ISRO dan Israel Space Agency. Tetapi akhirnya diwujudkan pada penerbangan GSLV selanjutnya

sumber:http://www.inilah.com/news/read/teknologi/2010/04/20/476401/peluncur-satelit-india-nyebur-ke-laut/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Ok!!!