Kamis, 23 Desember 2010

Jutaan Orang Saksikan Gerhana Bulan Total


Bulan berubah menjadi merah kemarin. Jutaan orang di belahan bumi ikut menyaksikan peristiwa langka, gerhana bulan di musim dingin. Para pengamat langit di Amerika Serikat pada Selasa (21/12) dini hari waktu setempat rela begadang untuk melihat gerhana bulan ini. 
Peristiwa alam ini memang pemandangan langka, menurut sejumlah astronom, gerhana bulan total yang terjadi di musim dingin terakhir kali terjadi pada 1638 dan baru akan terjadi pada 2094. "Gerhana bulan di musim dingin menampilkan warna yang berbeda, ada beberapa warna lain yang terlihat," kata Ed Krupp, Direktur Observatorium Griffith Los Angeles, seperti dikutip dari laman Aljazeera, Rabu (22/12).

Saat gerhana terjadi, di bagian utara Hemisphere, durasi siang hari adalah yang terpendek pada tahun ini. Di saat bersamaan, gerhana bulan total akan terjadi. Di utara Amerika, Greenland, dan Iceland, gerhana bulan total dilihat pada dini hari 21 Desember. Sedangkan di bagian barat, gerhana terlihat pada 20 Desember mulai sore hari.

Gerhana bulan terjadi ketika bumi, bulan, dan matahari berada dalam garis yang sama. Akibatnya, sinar matahari yang seharusnya mengenai permukaan bulan tertutup oleh bayangan bumi. Saat bulan mulai tertutup oleh bayangan bumi, warnanya akan berubah-ubah dari abu-abu menjadi oranye dan terakhir kemerah-merahan.

Perubahan warna bisa terjadi lantaran sinar matahari menembus atmosfer bumi sebelum menerpa permukaan bulan. Atmosfer bumi menahan warna biru dan melepas oranye serta merah ke bulan. Ketika bulan terlihat kemerah-merahan, itu karena adanya partikel lain yang ada di sekitar atmosfer bumi. Contohnya seperti abu dari letusan gunung berapi.

Di Inggris, gerhana bulan juga terlihat jelas. Menurut Dr Robert Massey, astronom dari Royal Astronomical Society gerhana ini terlihat jelas di Inggris Utara, Skotlandia dan Irlandia Utara. "Sayang di London tidak terlihat, karena tertutup awan," ujarnya. 

sumber:http://www.tempointeraktif.com/hg/sains/2010/12/22/brk,20101222-300736,id.html?fr2=ps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Ok!!!