Senin, 24 Mei 2010

i-Limb, Tangan Bionik Canggih


Wah, kini sudah ada tangan bionik canggih yang dapat berdenyut. Tangan bionik ini telah diprogram dengan menggunakan teknologi wireless. Touch Bionics ini dikembangjan oleh perusahaan teknologi asal Skotlandia.
i-Limb Pulse, nama tangan bionik tersebut. Tangan bionik ini diklaim menawarkan fleksibilitas tak terbatas kepada para penggunanya. Ia menggunakan teknologi 'pulsing' atau denyutan. Tujuannya adalah agar tangan bionik dapat mencengkeram sempurna suatu objek. Misalnya, ketika mengikat tali sepatu atau menggunakan ikat pinggang.Hebatnya lagi, tangan bionik ini dapat pula kita program sendiri melalui koneksi Bluetooth, menggunakan software khusus. Begitu yang dilansir dari laman Telegraph, 5 Mei lalu.
Tangan bionik ini pernah diujicobakan kepada Ian Reid, seorang petugas pemadam kebakaran. Reid yang kehilangan tangan kanannya karena kecelakaan bus tujuh tahun silam. Ia pun merasa terbantu menggunakan i-Limb. Efek berdenyut pada tangan ini meningkatkan kekuatan dan daya cengkeram sehingga memberikan fungsi tangan yang lebih baik
Tak banyak yang tahu bahwa i-Limb sudah diluncurkan sejak 2007. Ia pun diklaim sebagai tangan bionik komersial pertama di dunia. Tak tanggung-tanggung, 1.200 pasien dar seluruh dunia telah menggunakan teknologi angan bionik ini.
Namun kini, i-Limb muncul dengan kecanggihan wireless nya yang memungkinkan tangan berkerangka alumunium itu dapat mengangkat beban hingga 90 kg.
Kabarnya, i-Limb Pulse ini akan diperkenalkan ke publik di ajang pameran teknologi di Leipzig, Jerman pada minggu depan.

sumber:http://inioke.com/konten/1312/i-limb-tangan-bionik-canggih.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Ok!!!