Senin, 03 Mei 2010

Lapan Pastikan Ledakan Di Jakarta Adalah Meteor


Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dan Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri resmi menyatakan benda yang jatuh di lokasi jatuhnya meteor di komplek perumahan Malakasari Gang Delima IV, Duren Sawit, Senin (3/5/2010) adalah meteor. Diperkirakan jatuh di sini adalah meteor sporadis. Dilihat dari struktur kerusakannya memang mengaraah kepada benda meteorit. Adanya tekanan yang besar, pancaran panas yang sangat tinggi, itu yang jadi indikasi kuat meteor masuk.
"Kesimpulan akhir dari Duren Sawit ini, benda yang menyebabkan hancurnya rumah di sini adalah meteorit," tegas Peneliti Senior Astronomi dan Astrofisika Lembaga penerbangan dan Antariksa (Lapan), Thomas Djamaluddin memastikan.
Menurut keterangannya, meteor yang jatuh di kompleks perumahan Malakasari, Jl Delima, Duren Sawit, Jakarta Timur sebuah meteor sporadis. "Bulan April adalah musim hujan meteor Lirids. Sementara di bulan Mei, musim hujan meteor Eta Aquarids," ungkap Thomas di lokasi jatuhnya meteor, di Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (3/5/2010).
Dari efek paparan panasnya menunjukkan dua hal. Kejadian ini bukn karena sebab lokal. Tapi karena meteorit. Mengarah dari arah barat daya, saat masuk ke rumah.

sumber:http://www.tribunjabar.co.id/read/artikel/20507//nasional/lapan-pastikan-benda-di-duren-sawit-meteor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Ok!!!