Senin, 31 Mei 2010

Wow, Planet Terpanas akan Dilahap Matahari


Planet paling panas di galaksi Bima Sakti ternyata paling tidak beruntung karena akan berumur lebih pendek dan dilahap oleh matahari, ungkap para ilmuwan NASA.
Ilmuwan percaya bahwa planet yang terletak 600 tahun cahaya jauhnya dari bumi itu masih memiliki usia 10 juta tahun sebelum akhirnya disantap secara lengkap.
Planet yang disebut WASP-12b, sangat dekat dengan matahari yang super panas hingga mencapai 1500 derajat Celcius. Planet tersebut melengkapi orbitnya setiap 1,1 hari.
Atmosfernya memiliki balon yang luasnya lebih besar tiga kali lipat daripada radius Yupiter dan mengeluarkan materi menuju matahari. Planet tersebut 40% lebih besar daripada planet Yupiter.
“Kami melihat awan besar yang mengandung material di sekeliling planet yang berusaha melarikan diri, tetapi tertangkap terus-menerus oleh matahari. Kami telah mengidentifikasi elemen kimiawi yang belum pernah terlihat di planet yang ada di sistem tata surya di mana manusia berada,” ujar pemimpin tim Carole Hawell dari Universitas Terbuka di AS.
Hasil penelitian tim tersebut dipublikasikan di The Astrophysical Journal Letters.Studi tersebut mengonfirmasikan prediksi yang dibuat tahun lalu oleh Shu-lin Li dari Universitas Peking.
Dia memiliki teori bahwa permukaan planet akan terdistorsi dengan gravitasi bintang dan kekuatan gelombang gravitasi tersebut membuat bagian inti planet menjadi super panas sehingga memperluas atmosfernya.
WASP-12 adalah kumpulan bintang dan planet kerdil di konstelasi Auriga. Planet terluar tata surya tersebut ditemukan oleh Wide Area Search Planets (WASP) Inggris pada tahun 2008. Survei otomatis melihat cahaya bintang yang pudar dari planet yang melintas di depannya, sebuah efek yang disebut transit.
Sementara penemuan paling baru dilakukan oleh Cosmic Origins Spectrograph (COS) hasil teropongan Hubble di 2009, sebagaimana dilansir DailyMail.

sumber:http://www.inilah.com/news/read/teknologi/2010/05/26/558601/wow-planet-terpanas-akan-dilahap-matahari/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar, Ok!!!